menu melayang

CARA DAN DO’A BAGI ORANG YANG MENGHAFAL AL-QUR’AN

CARA DAN DO’A BAGI ORANG YANG MENGHAFAL AL-QUR’AN

Assalamu”alaikumWarohmatullohiWabarokatuhu.
AHMAD GOZALI
Kawan-kawan, sudah lama sekali nggak baca postingan barunya, sudah kangen betul rasanya main-main di Blog lagi, karena ada permintaan dari seseorang Insyaallah kali ini kita akan membahas tentang keagungan al-Qur’an dan kelebihan bagi orang yang menghafalnya, serta pada postingan kali ini akandimuat sebuah hadis panduan bagi orang yang sedang menghafal al-Qur’an.

Qur’an merupakan Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallohu ‘alaihiWasallam melalui perantaraan malaikat Jibril ‘alaihissalamdengan cara yang bertahap-tahap dan dengan riwayat yang Mutawatir.
al-Qur’an  adalah kitab yang suci, sehingga tidak boleh disentuh kecuali orang yang suci pula (Q.SAl-Waqi’ah: 79), al-Qur’an juga mempunyai kelebihan dan keutamaan, di antara kelebihan dan keutamaan al-Qur’an dari yang lainnya adalah:
1.      Berpahala bagi orang yang membacanya
2.      Merupakan wahyu Allah yang wajib dituliskan dan di ajarkan
3.      Semua surah dan ayat di dalamnya adalah merupakan mu’jizat yang sampai sekarang masih abadi sebagaimana asalnya
4.      Wahyu Allah yang sesuai dengan kehidupan semua makhluk pada semua tempat dan waktu
5.      Sesuatu yang paling mudah untuk dihafal, namun juga sesuatu yang paling cepat lupanya
6.      Keutamaan dan pahala yang besar bagi orang yang membaca dan menghafalnya
7.      Menjadi manusia yang paling baik di sisi Allah jika dipelajari, diamalkan, dan diajarkan kepada orang lain.
8.      dll.
Al-Qur’an adalah ladang amal bagi setiap muslim, dengan membaca satu huruf saja dari al-Qur’an Allah memberinya sepuluh pahala, sepuluh kebaikan, dan mengangkat darinya sepuluh kejelekan. Kemudian, di hari kiamat al-Qur’an akan datang sebagai pensyafaat bagi orang yang membacanya. Subhanallah.
Berbicara tentang menghafal al-Qur’an tidak semua orang bisa untuk memindahkan seluruh isi al-Qur’an ke dalam otaknya, hanya manusia pilihan yang Allah beri hidayah saja yang mampu melaksanakan tugas utama itu, Allah telah menjanjikan bahwa al-Qur’an itu tidak akan pernah berubah dan akan selalu dijaga, hal ini Allah buktikan melalui para penghafal al-Qur’an. Bahkan orang yang hafal keseluruhan al-Qur’an dan mampu mengamalkan isinya, maka orang tersebut akan Allah berikan kesempatan mensyafaatkan sepuluh orang yang beriman kepada Allah untuk dimasukkan ke dalam Surga, serta orang yang hafal al-Qur’an akan Allah jaga jasadnya hingga ke dalam kubur, dan tingkatan surga seseorang adalah sesuai banyaknya hafalan al-Qur’annya.
Manusia sebagai ciptaan Allah mempunyai segala keterbatasan, meskipun ia mempunyai kelebihan, namun setiap orang mempunyai kekurangan, satu-satunya kekurangan yang dimiliki semua manusia adalah lupa, tidak seorang pun dari umat manusia yang tidak mempunyai sifat lupa, hal ini menunjukkan bahwa Allah-lah  yang memiliki segala ilmu.
Al-Qur’an, jika sudah dihafal maka tidak boleh untuk dilupakan, oleh karena itulah setiap mukmin mesti menjaga hafalan al-Qur’an nya agar selalu tetap dalam otak dan hatinya. Maka pada poting kali ini, penulis ingin memasukkan sebuah hadis yang menceritakan tentang sahabat Rasulullah yang menghafal ayat-ayat al-Qur’an, seperti di bawah ini:
حدثنا أحمد بن الحسن قال حدثنا سليمان بن عبد الرحمن الدمشقي قال حدثنا الوليد بن مسلم قال حدثنا إبن جريج عن عطاء بن أبي رباح وعكرمة مولى بن عباس عن إبن عباس أنه قال بينما نحن عند رسول الله صلى الله عليه وسلم إذ جائه علي بن أبي طالب فقال بأبي أنت وأمي تفلت هذا القرآن من صدري فما أجدني أقدر عليه فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم يا أبا الحسن أفلا أعلمك كلمات ينفعك الله بين وينفع بين من علمته ويثبت ما تعلمت في صدرك قال أجل يا رسول الله فعلمني
 قال إذا كان ليلة الجمعة فإن استطعت أن تقوم في ثلث الليل الآخر فإنها ساعة مشهودة والدعاء فيها مستجاب وقد قال أخي يعقوب لبنيه {سوف أستغفر لكم ربي}  يقول حتى تأتي ليلة الجمعة فإن لم تستطع فقم في وسطها فإن لم تستطع فقم في أولها

فصل أربع ركعاتتقرء في الركعة الأولى بفاتحة الكتاب وسورة يس وفي الركعة الثانية بفاتحة الكتاب وحم الدخان وفي الركعة الثالثة بفاتحة الكتاب وألم تنزيل السجدة وفي الركعة الاربعة بفاتحة الكتاب وتبارك المفصل

فإذا فرغت من التشهد فاحمد الله وأحسن الثناء على الله وصل علي وأحسن وعلى سائر النبيين وأستغفر لممؤمنين والمؤمنات ولإخوانك الذين سبقوك بالإيمان ثم قل في آخر ذلك

"اَللَّهًمَّ ارْحَمْنِيْ بِتَرْكِ الْمَعَاصِيْ أَبَدًا مَا أَبْقَيْتَنِيْ وَارْحَمْنَيْ أَنْأَتَكَلَّفَ مَا لَا يُعْنِيْنِيْ وَارْزُقْنِيْ حُسْنَ النَّظْرِ فِيْمَا يُرْضِيْكَ عَنِّيْاَللَّهُمَّ بَدِيْعَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَاالْجَلَالِوَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَام. أَسْأَلُكَ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُبِجَلَالِكَ وَنُوْرِوَجْهِكَ أَنْ تُلْزَمَقَلْبِيْ حِفْظَ كِتَابِكَ كَمَا عَلَّمْتَنِيْ وَارْزُقْنِيْ أَنْأَتْلُوْهُعَلَى النَّحْوِ الَّذِي يُرْضِيْكَ عَنِّي.اَللَّهُمَّبَدِيْعَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَام. أَسْأَلُكَ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُبِجَلَالِكَ وَنُوْرِوَجْهِكَ أَنْ تُنَوَّرَ بِكِتَابِكَ بَصَرِيْ وَأَنْتُطْلِقَبِهِ لِسَانِيْ وَأَنْ تُفَرِّجَبِهِ عَنْقَلْبِيْ وَأَنْ تَشْرَحَبِهِ صَدْرِيْ وَأَنْ تَعْمَلَبِهِ بَدَنِيْلِأَنَّهُ لَا يُعِيْنُنِيْعَلَى الْحَقِّ غَيْرُكَ وَلَا يُؤْتِيْهِ إِلَّا أَنْتَ وَلَا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم".

يا أبا الحسن فافعل ذلك ثلاث جمع أو خمس أو سبع يجاب بإذن الله والذي بعثني بالحق ما أخطأ مؤمنا قط

قال عبد الله بن عباس فوالله ما لبث علي إلا خمسا أو سبعا حتى جاء علي رسول الله صلى الله عليهوسلم في مثل ذلك المجلس فقال يا رسول الله إني كنت فيما خلالا آخذ إلا أربع آيات أو نحوهن واذا قرئتهنعلى نفسي تفلتن وأنا أتعلم اليوم أربعين آية أو نحوها واذا قرئتهاعلى نفسي فكأنما كتاب الله بين عيني ولقد كنت أسمع الحديث فإذا رددتهتفلت وأنا اليوم أسمع الأحاديث

 فإذاتحدثت بها لم أخرم منها حرفا فقال له رسول الله صلى الله عليهوسلم عند ذلك مؤمن ورب الكعبة يا أبا الحسن.  قال أبو عيسى هذا حديث حسن غريب لا نعرفو إلا من حديث الوليد بن مسلم
Hadis di atas merupakan hadis ke-3570 dalam Sunan Turmizi, pada Kitab Do’a, bab doa bagi orang yang menghafal al-Qur’an, yang menceritakan bahwa Ali KaromallohuWajhahu datang kepada nabi, dan menceritakan tentang keburukan hafalannya, lalu Rasulullah mengajarkan kepada beliau agar:
1.      mendirikan sholat sunah lihifzilqur’an pada malam jum’at, sebaiknya dilakukan pada sepertiga akhir malam, jika tidak mampu, dilakukan pada sepertiga malam yang kedua, jika juga tidak mampu, maka dilakukan pada sepertiga malam yang pertama.
2.      Sholat empat roka’at, satu kali salam, (1) Fatihah + Yasin, (2) Fatihah + Ad-Dukhan, (3) Fatihah + Sajadah, (4), Fatihah + Al-Mulk. Tanpa tasyahud awal.
3.      Sesudah salam, (1)  memperbanyak pujian kepada Allah, (2) membaca salawat kepada Nabi Muhammad dan kepada seluruh nabi-nabi terdahulu, (3) meminta ampunan bagikaum muslimin dan muslimat, dan saudara-saudara yang sudah meninggal dalam keadaan beriman.
4.      Membaca do’a sesudahnya. Do’anya adalah: 
"اَللَّهًمَّ ارْحَمْنِيْ بِتَرْكِ الْمَعَاصِيْ أَبَدًا مَا أَبْقَيْتَنِيْ وَارْحَمْنَيْ أَنْ أَتَكَلَّفَ مَا لَا يُعْنِيْنِيْ وَارْزُقْنِيْ حُسْنَ النَّظْرِ فِيْمَا يُرْضِيْكَ عَنِّيْ. اَللَّهُمَّ بَدِيْعَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَاالْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَام. أَسْأَلُكَ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ بِجَلَالِكَ وَنُوْرِ وَجْهِكَ أَنْ تُلْزَمَ قَلْبِيْ حِفْظَ كِتَابِكَ كَمَا عَلَّمْتَنِيْ وَارْزُقْنِيْ أَنْ أَتْلُوْهُ عَلَى النَّحْوِ الَّذِي يُرْضِيْكَ عَنِّي. اَللَّهُمَّ بَدِيْعَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَام. أَسْأَلُكَ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ بِجَلَالِكَ وَنُوْرِ وَجْهِكَ أَنْ تُنَوَّرَ بِكِتَابِكَ بَصَرِيْ وَأَنْ تُطْلِقَ بِهِ لِسَانِيْ وَأَنْ تُفَرِّجَ بِهِ عَنْ قَلْبِيْ وَأَنْ تَشْرَحَ بِهِ صَدْرِيْ وَأَنْ تَعْمَلَ بِهِ بَدَنِيْ لِأَنَّهُ لَا يُعِيْنُنِيْ عَلَى الْحَقِّ غَيْرُكَ وَلَا يُؤْتِيْهِ إِلَّا أَنْتَ وَلَا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم ".
5.      Lakukan berkali-kali
Dalam riwayat hadis tersebut diceritakan bahwa sesudah dilakukan Ali, maka hafalannya lebih mudah masuk ke dalam hatinya dan lebih mudah untuk mengingatnya.
Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat. Amin.
Wassalam ‘alaikumWarohmatullahi Wabarokatuh.
Untuk mendownload naskah di atas, silahkan klik pada link di bawah ini.
 
Untuk mendownload naskah di atas, silahkan klik pada link di bawah ini.

Back to Top

Cari Artikel

Pengunjung Bulan Ini

x
x
Sebelum Download File Mari Berdonasi Dulu
Konfirmasi
x
Sebelum Download File Mari Berdonasi Dulu